Tuesday, May 15, 2012

Peralatan Wajib Dalam Susur Gua

Susur gua sangat bervariasi tantangannya. Mulai dari gua yang aman sampai gua yang penuh resiko. Apalagi jika kamu adalah tim ekspedisi untuk membuka ruang dan jalan penelusuran gua. Untuk mengurangi resiko yang mungkin bisa timbul, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk peralatannya. Persiapan itu diperlukan untuk menghindari resiko yang paling berbahaya. Maklum, dalam olah raga ini, kamu tidak dapat mengandalkan pertolongan dari orang lain ( rescue team ) karena sulitnya medan yang dihadapi. Jadi, kamu harus mempunyai kemampuan menyelamatkan diri sendiri ( self rescue ). Untuk itu peralatan dibawa harus lengkap. Guna peralatan itu untuk membantu penelusuran atau menghangatkan tubuh. Beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam penelusuran gua diantaranya adalah:


1. Sepatu.
Untuk olah raga tersebut kamu harus memilih sepatu yang benar - benar kuat. Usahakan memilih sepatu khusus untuk pendakian. Maklum, untuk naik atau turun gua kadang - kadang kamu harus melakukan pendakian.

2. Helm.
Helm akan melindungimu jika sewaktu - waktu terjadi benturan atau kecelakaan. Jangan sepelekan masalah helem karena bisa berakibat fatal.

3. Lampu.
Lampu berfungsi untuk penerangan ketika kamu melakukan penurunan ke gua. Lampu sangat berguna jika kamu melakukan penelusuran ke gua - gua yang masih alami.

4. Tali pengaman.
Tali berguna untuk melindungi tubuh dari resiko terjatuh. Tali sangat dibutuhkan untuk melakukan penurunan atau pendakian dalam upaya menemukan jalan tembus ke gua.

5. Baju.
Baju yang kamu bawa harus lengkap, baik baju hangat ( jaket ) maupun jas hujan. Jas hujan mutlak kamu bawa agar badanmu tidak basah kuyup karena terkena air hujan.

6. Pelindung lutut dan siku.
Beberapa penelusur memakai pelindung lutut dan siku untuk menjaga agar bagain tubuh itu tidak lecet tekena goresan batu gua.

Jika kamu ingin menelusuri gua dimana ada bagian gua yang tergenang air, maka kamu pun harus menyiapkan alat - alat untuk melakukan penyelaman, seperti tabung udara dan masker. Namun, jika penyelaman itu hanya sebentar, kamu bisa melakukan penyelaman bebas tanpa bantuan alat.

SUMBER : http://www.belantaraindonesia.org/2011/01/peralatan-wajib-dalam-susur-gua.html

0 comments:

Post a Comment