ARSITEKTUR HARDWARE KOMPUTER
A. DEFINISI
KOMPUTER
Istilah
komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah
komputer (computer)
diambil dari
bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to
reckon).
Menurut Blissmer
(1985), komputer adalah suatu
alat elektronik yang mampu melakukan beberapa
tugas,
yaitu menerima input,
memproses input sesuai dengan
instruksi yang diberikan, menyimpan
perintah-perintah
dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan
menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi
data yang
cepat dan
tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan
menyimpan
data input,
memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang
telah tersimpan
di dalam memori.
Dan masih banyak lagi ahli
yang mencoba mendefinisikan secara
berbeda tentang
komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa
komputer adalah suatu peralatan
elektronik
yang dapat
menerima input, mengolah input, memberikan
informasi, menggunakan suatu program yang
tersimpan di
memori komputer, dapat menyimpan program
dan hasil pengolahan, serta bekerja secara
otomatis.
Dari definisi
tersebut terdapat tiga istilah penting,
yaitu input (data), pengolahan data, dan
informasi
(output).
Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data
elektronik
(PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang
diangkat dari
suatu
kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka,
huruf, simbol-simbol khusus, atau
gabungan dari
ketiganya.
Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih
lanjut.
Pengolahan
data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih
berguna dan
lebih berati,
yaitu berupa suatu informasi. Dengan
demikian, informasi adalah hasil dari
suatu kegiatan
pengolahan
data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena
itu,
pengolahan
data elektronik adalah proses manipulasi
dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna
berupa suatu
informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
B. SISTEM
KOMPUTER
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk
suatu sistem yang
disebut
dengan sistem komputer. Secara umum,
sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling
berhubungan
membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem
tersebut.
Tujuan pokok
dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga
perlu
didukung oleh
elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak
(software),
dan
brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat
lunak adalah program
yang berisi
perintah-perintah untuk melakukan proses
tertentu, dan brainware adalah manusia yang
terlibat di
dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen
sistem komputer tersebut harus
saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan.
Perangkat
keras tanpa perangkat lunak tidak akan
berarti apa-apa, hanya berupa
benda mati. Kedua
perangkat
keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang
mengoperasikannya.
C. STRUKTUR
dan FUNGSI KOMPUTER
Struktur
komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari
tiap komponen saling terkait.
Struktur sebuah
komputer
secara sederhana, dapat digambarkan dalam diagram blok pada Gambar 2.1.
I/O PORTS
MEMORY
CENTRAL
PROCESSING
UNIT
(CPU)
INPUT
DEVICE
OUTPUT
DEVICE
ADDRESS BUS
DATA BUS
CONTROL
BUS
CONTROL
BUS
3 :: stuktur
hardware komputer
Sedangkan
fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai
bagian dari
struktur.
Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai
berikut:
1. Input
Device (Alat Masukan)
Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau
perintah
ke dalam
komputer
2. Output
Device (Alat Keluaran)
Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai
hasil
pengolahan
data. Keluaran dapat berupa hard-copy
(ke kertas), soft-copy (ke
monitor), ataupun
berupa
suara.
3. I/O
Ports
Bagian ini
digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input
dan
output di
atas terhubung melalui port ini.
4. CPU
(Central Processing Unit)
CPU merupakan
otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU
(Arithmetical
Logical Unit) sebagai pusat pengolah data,
dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol
kerja
komputer.
5.
Memori
Memori terbagi
menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal
berupa RAM (Random Access Memory) yang
berfungsi untuk menyimpan program yang
kita olah
untuk
sementara waktu, dan ROM (Read Only
Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca
dan
berguna
sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data
Bus
Adalah
jalur-jalur perpindahan data antar modul
dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat
tertentu
masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran
menentukan
jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar
data bus ini menentukan
kinerja
sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca
dan menirma
data melalui
data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur
paralel.
7. Address
Bus
Digunakan
untuk menandakan lokasi sumber ataupun
tujuan pada proses transfer data. Pada jalur
ini, CPU akan
mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya
terdiri atas
16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
8. Control
Bus
Control
Bus digunakan untuk mengontrol
penggunaan serta akses ke Data
Bus dan Address Bus.
Terdiri atas
4 sampai 10 jalur paralel.
Hierarki
Komputer
1. Mainframe/Komputer besar merupakan komputer
yang sangat besar - mesin jutaan dolar,
yang
berukuran lebih dari satu ruangan, contohnya IBM model 390.
2. Minicomputer/Komputer kecil merupakan mesin besar yang powerful/berdaya guna.
Biasanya melayani jaringan dengan terminal yang sederhana. Komputer IBM AS/400
merupakan
contoh komputer kecil.
3. Workstation/Terminal kerja merupakan mesin
yang powerful. Komputer-komputer ini
mempunyai
kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi
perhitungan yang rumit. Komputer-
komputer ini
menggunakan UNIX atau beberapa dengan operating system/sistem operasi NT.
Komputer-komputer
ini dilengkapi dengan prosesor RISC yang powerful seperti Digital Alpha
atau MIPS.
4. Personal computer/Komputer pribadi merupakan
komputer yang murah dan
dibuat/diproduksi
secara banyak/masal. Biasanya menggunakan DOS, Windows, atau sistem
operasi yang
sejenis. Komputer ini digunakan untuk aplikasi-aplikasi standar.
4 :: stuktur
hardware komputer
D. INPUT
DEVICE
Input device
adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat
berupa signal
input atau
maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang
dimasukkan ke
dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk
mengolah
data yang
dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data
juga untuk
memasukkan
program.
Beberapa
alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu
disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai
alat output
sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai terminal. Terminal dapat
dihubungkan ke sistem
komputer
dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi.
Terminal
dapat digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan
intelligent terminal. Non
intelligent
terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampil output, dan tidak bisa
diprogram
karena tidak mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut
sebagai dumb
terminal. Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya
sehingga input yang
terlanjur
dimasukkan dapat dikoreksi kembali.
Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat
diprogram
oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal
dapat diprogram
oleh
pemakai.
Peralatan
yang hanya berfungsi sebagai alat input
dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan
tidak
langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh
alat pemroses,
sedangkan
alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat
pemroses.
Alat input
langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse,
touch screen,
light
pen, digitizer graphics tablet),
scanner (misalnya magnetic ink
character recognition, optical data
reader atau
optical character recognition reader), sensor (misalnya
digitizing camera), voice
recognizer
(misalnya
microphone). Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang
dilakukan melalui
media punched card
(kartu plong), key-to-tape yang
merekam data ke media berbentuk
pita (tape)
sebelum
diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk
yang merekam data ke media magnetic disk
(misalnya
disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
Penggunaan
Keyboard
Penciptaan
keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya
di
buat dan di
patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada
tahun
1877 oleh
Perusahaan Remington.
Keyboard
komputer pertama disesuaikan dari kartu
pelubang (punch card) dan teknologi
pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca
kartu pembuat
lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Bila
mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah
komputer,
karena
keyboard merupakan sebuah papan yang
terdiri dari tombol-tombol untuk
mengetikkan
kalimat dan
simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia
artinya papan
tombol jari atau papan tuts.
Pada keyboard
terdapat tombol-tombol huruf (alphabet) A – Z, a – z, angka (numeric) 0 - 9,
tombol dan
karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? :
; “ ‘ \ |, tombol
fungsi (F1 –
F12), serta tombol-tombol khusus lainnya
yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts.
Sedangkan
pada Mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi
panjang,
tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.
Dahulu orang
banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik.
Keyboard
mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak
pada hasil
output atau tampilannya. Bila kita
menggunakan mesin ketik, kita tidak
dapat
menghapus
atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau
simbol
kita ketikkan
maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard.
Apa
yang kita
ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita
lihat di layar monitor terlebih dahulu,
kemudian kita
dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan
ketikan dan
yang lainnya. Keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang
terdapat
pada
keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU
komputer.
Penggunaan
Mouse
5 :: stuktur
hardware komputer
Pada
dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan "Mouse"
dapat digerakkan
kemana saja
berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita
membuka
dan
mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2
pengendali
gerak di
dalamnya. Kedua pengendali gerak
tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan
pergerakan
penunjuk, yang satu searah
horisontal (mendatar) dan satu lagi
vertikal (atas dan
bawah).
Jika kita
hanya menggerakkan pengendali horisontal maka penunjuk hanya akan bergerak
secara
horisontal saja pada
layar monitor komputer. Dan
sebaliknya jika penunjuk vertikal yang
digerakkan,
maka penunjuk (pointer) hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor.
Jika
keduanya kita
gerakkan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Jika bola kecil
dimasukkan
kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak
tersebut
sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.
Pada sebagian
besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi
umumnya hanya dua tombol yang
berfungsi,
yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol
atau
yang di kenal
dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk.
Komputer
akan
mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau obyek yang
tidak
penting.
Kemudian
dalam penggunaan mouse juga kita kenal
istilah "Drag" yang
artinya menggeser atau
menarik.
Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil
menggesernya,
salah satu
akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke obyek lain
dan
terdapat
kemungkinan lainnya.
Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program
aplikasi apa
yang kita jalankan. Mouse terhubung dengan komputer dengan sebuah kabel yang
terdapat pada
mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU
komputer.
Penggunaan
Scanner
Scanner
adalah suatu alat elektronik yang
fungsinya mirip dengan mesin
fotokopi. Mesin fotocopy
hasilnya
dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan
pada layar
monitor
komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga
tampilan dan
hasilnya
menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan
gambar.
Bentuk dan
ukuran scanner bermacam-macam, ada yang
besarnya seukuran dengan kertas folio
ada juga yang
seukuran postcard, bahkan yang terbaru,
berbentuk pena yang baru diluncurkan
oleh
perusahaan WizCom Technologies Inc.
Scanner berukuran pena tersebut
bisa menyimpan
hingga 1.000
halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC).
Scanner
berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang
enam
inci dan
beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan
pekerjaannya
secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.
Data yang
telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua
aplikasi
komputer yang
mengenali teks ASCII.
Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada
pemakaian teknologi dan resolusinya.
Pemakaian
teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik
pencahayaan.
6 :: stuktur
hardware komputer
Cara kerja
Scanner :
Ketika kamu menekan
tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah :
1. Penekanan tombol mouse
dari komputer menggerakkan pengendali
kecepatan pada mesin
scanner.
Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke
unit
scanning.
2. Kemudian
unit scanning menempatkan proses pengiiman ke tempat
atau jalur yang sesuai
untuk
langsung memulai scanning.
3. Nyala
lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning
sudah mulai
dilakukan.
4. Setelah nyala
lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya
dapat
dilihat pada
layar monitor.
5. Apabila hasil
atau tampilan teks / gambar ingin
dirubah, kita dapat merubahnya dengan
menggunakan
software-software aplikasi yang ada. Misalnya
dengan photoshop, Adobe dan
lain- lain.
pot scanned.
Ada dua macam
perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu :
1. Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan
warna dan menyimpan semua warna pada saat
itu
saja.
2. Scanner yang
langsung bisa tiga kali digunakan
untuk menyimpan beberapa warna. Warna-
warna
tersebut adalah merah, hijau dan biru.
Scaner yang
disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi
kurang
bagus jika
digunakan untuk reproduksi warna.
Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary
digit / angka
biner), 8-bit (256 warna), dan 24
bit (lebih dari 16 juta warna). Nah,
bila kita
membutuhkan
hasil yang sangat baik maka dianjurtkan
menggunakan scanner dengan bit yang
besar agar
resolusi warna lebih banyak dan bagus.
Digital
Camera
Salah satu
input device yang sedang marak belakangan
ini adalah digital camera. Dengan adanya
alat ini, kita dapat lebih mudah memasukan data
berupa gambar apa saja, dengan ukuran
yang
relatif cukup
besar, ke dalam komputer kita. Digital camera yang beredar di pasaran saat ini
ada
berbagai
macam jenis, mulai dari jenis
camera untuk mengambil gambar
statis, sampai dengan
camera yang
dapat merekam gambar dinamis seperti video.
Mic
(Microphone)
Kalau camera
digunakan untuk memasukkan input berupa gambar (dan suara), maka mic
digunakan
hanya untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic tentu saja memerlukan
perangkat keras
tambahan untuk menerima input suara
tersebut yaitu sound card,
dan speaker
untuk
mendengarkan hasil rekaman suara.
E. OUTPUT
DEVICE
Output
yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf,
angka,
simbol khusus), image
(dalam bentuk grafik atau gambar),
suara, dan bentuk lain yang dapat
dibaca oleh
mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat
digunakan
langsung oleh
manusia, sedangkan golongan terakhir
biasanya digunakan sebagai input untuk
proses
selanjutnya
dari komputer.
Peralatan
output dapat berupa:
Hard-copy
device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media
keras seperti
kertas atau
film.
Soft-copy
device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada
media lunak yang
berupa sinyal
elektronik.
Drive
device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk
merekam simbol dalam bentuk yang hanya
dapat dibaca
oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda,
sebagai alat
output dan juga sebagai alat input.
Output bentuk
pertama sifatnya adalah permanen dan
lebih portable (dapat dilepas dari alat
outputnya
dan dapat
dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer,
plotter, dan alat
7 :: stuktur
hardware komputer
microfilm.
Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan
speaker. Dan alat
output bentuk
ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang
menggunakan
media
magnetic tape adalah tape drive.
Printer dan
Plotter
Printer dan
plotter adalah jenis hard-copy device,
karena keluaran hasil proses dicetak di atas
kertas.
Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak.
Ukuran
kertas yang
dapat digunakan pun beragam.
Tetapi, untuk
mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, digunakanlah
plotter.
Monitor
Monitor
adalah salah satu jenis soft-copy
device, karena keluarannya adalah berupa signal
elektronik,
dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil
adalah
hasil
pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran
layar seperti
layaknya
sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang
berbeda.
Resolusi
ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat
ditampilkan pada layar
monitor.
Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar
dengan
layar
cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
Infocus
Infocus
hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual
hasil
pemrosesan
data. Hanya saja, infocus memerlukan obyek lain sebagai media penerima pancaran
singnal-signal
gambar yang dipancarkan. Media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan
datar dan
berwarna putih (terang). Biasanya yang digunakan adalah dinding putih, whiteboard,
ataupun
kain/layar putih yang dibentangkan.
F. CPU
(CENTRAL PROCESSING UNIT)
CPU merupakan
tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro disebut
dengan
micro-processor (pemroses mikro). Pemroses ini berupa
chip yang terdiri dari ribuan
hingga jutaan IC.
Dalam dunia
dagang, pemroses ini diberi nama
sesuai dengan keinginan pembuatnya dan umumnya
ditambah
dengan nomor seri, misalnya dikenal pemroses Intel 80486 DX2-400 (buatan Intel
dengan seri
80486 DX2-400
yang dikenal dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenal dengan
komputer
Pentium I),
Intel Pentium II-350, Intel Pentium
III-450, Intel Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya.
Masing-masing
produk ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
CPU terdiri
dari dua bagian utama yaitu unit kendali
(control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU).
Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan
yang berukuran kecil yang disebut dengan
register.
G. CU
(Control Unit) / Unit Kendali
Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit
kendali akan
mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan
ditampilkan
pada alat
output. Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari
program komputer, membawa data
dari alat
input ke memori utama, dan mengambil data dari memori utama untuk diolah. Bila
ada instruksi
untuk
perhitungan aritmatika atau perbandingan
logika, maka unit kendali akan mengirim
instruksi
tersebut ke
ALU. Hasil dari pengolahan data
dibawa oleh unit kendali ke memori utama
lagi untuk
disimpan, dan
pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini
adalah:
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input
dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori
utama.
• Mengambil data dari memori utama (jika
diperlukan) untuk diproses.
• Mengirim
instruksi ke ALU bila ada
perhitungan aritmatika atau perbandingan
logika serta
mengawasi
kerja dari ALU.
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.
8 :: stuktur
hardware komputer
H. ALU
(Arithmatic and Logic Unit)
Tugas utama
dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang
terjadi sesuai
dengan
instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar
penjumlahan sehingga
sirkuit
elektronik yang digunakan disebut adder.
Tugas lain
dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan
instruksi
program.
Operasi logika meliputi perbandingan dua
operand dengan menggunakan operator logika
tertentu,
yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau
sama dengan (£
), lebih
besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).
0 comments:
Post a Comment