Friday, September 21, 2012

Penyebab Dan Cara Mengatasi Batuk Secara Alami



Uhuk,, uhuk,, ,,,    Uhuk,,,, uhukk,,,
Apakah anda pernah mengalami hal tersebut ? atau jangan – jangan anda sedang mengalaminya ? yups..  jika anda sedang  “ uhuk... uhuk,,, ”  dalam intensitas yang terlalu sering berarti anda sedang mengalami gangguan kesehatan yang disebut batuk . Karena jika yang terjadi “ huaatttjimmm... “ berarti anda sedang  bersin,  bukan batuk,,,  sebab batuk bunyinya “uhuk,, uhuk”  bukan “huattjiiimmm..” ( heheheheh just kidding !!! biar tidak kaku ). By the way, batuk sendiri memiliki beberapa tipe, dan yang umum terjadi ialah batuk kering dan batuk berdahak . Namun jika berdasarkan jenisnya, batuk dibedakan menjadi 2 jenis yaitu batuk akut dan batuk kronis.


Tapi tahukah anda ? bahwa sebenarnya batuk itu mempunyai fungsi loh,,, jadi ternyata ketika batuk, itu sebenarnya tubuh kita sedang membersihkan tenggorokan dan saluran pernafasan dari benda2 asing seperti bakteri, virus atau mungkin debu. Makanya ketika sedang bersih - bersih rumah, kita biasanya akan batuk – batuk, yang mungkin dikarenakan adanya debu yang masuk ke saluran pernapasan kita. Tapi jika batuk tersebut terlalu sering maka itu bukan hal yang menguntungkan lagi, akan tetapi sebuah penyakit.

Batuk sendiri bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk. ( Sumber : Wikipedia )

Ada Pun Penyebab Batuk Diantaranya :

  • Umumnya disebabkan oleh infeksi di saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu.
  • Infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA).
  • Alergi
  • Asma atau tuberculosis
  • Benda asing yang masuk kedalam saluran napas
  • Tersedak akibat minum susu
  • Menghirup asap rokok dari orang sekitar
  • Batuk Psikogenik. Batuk ini banyak diakibatkan karena masalah emosi dan psikologis.

Cara Mengatasi Dan Mengobati Penyakit Batuk :

Cara pertama :
 
Bahan :
* Jeruk Nipis
* Kecap
Campurkan 1 buah jeruk nipis yang sudah di peras dicampurkan dengan kecap dalam 1 sendok makan. minum secara teratur 2 - 3 kali sehari hingga batuk sembuh.

Cara kedua :
 
Bahan:
* 7 lembar daun sirih
* 30 gram kencur, iris-iris
* Gula batu secukupnya
Rebus dengan 600 cc air hingga airnya tersisa 300 cc, lalu saring, Tambahkan gula batu. Minum ramuan ini 2 kali sehari sampai batuk sembuh.

Namun jika batuk masih tetap berlanjut,, jauh lebih baik segera ke dokter. Untuk mencegah terjadinya hal yang lebih parah lagi.

0 comments:

Post a Comment